Beranda Ekonomi Bisnis Injak Usia Empat Tahun, Ralali.com Menjadi Solusi Bisnis bagi UMKM di Indonesia

Injak Usia Empat Tahun, Ralali.com Menjadi Solusi Bisnis bagi UMKM di Indonesia

148
BAGIKAN
Injak Usia Empat Tahun, Ralali.com Menjadi Solusi Bisnis bagi UMKM di Indonesia
Acara Gala Dinner 4th Anniversary Ralali.com di Resort Nuansa Bali, Anyer.

TANGERANG, Pelitabanten.com – Pada 24 Juli 2017, Ralali.com genap empat tahun menjadi marketplace penyedia kebutuhan bisnis di Indonesia. Berdiri di tahun 2013, yang mulanya hanya menyediakan barang-barang kebutuhan MRO (Maintenance, Repairs, and Operations), saat ini Ralali.com telah memiliki 12 kategori barang dengan ribuan suppliers. Didukung dengan perkembangan fitur-fitur baru, Ralali.com berjalan seiring dengan visinya yakni menjadi jembatan yang mempermudah hubungan penjual dan pembeli di ranah business-to-business. Fokus Ralali.com tahun ini adalah memberikan kemudahan bagi para pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini dilakukan dengan mengembangkan tiga pilar bisnis online, yaitu marketplace, finance, dan logistik.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi pelitabanten.com pada 27 Juli 2017, CEO dan Founder Ralali.com, Joseph Aditya, pada mulanya mendirikan platform ini karena melihat adanya kesulitan bagi para pebisnis dalam menemukan barang-barang kebutuhan bisnis yang sesuai.

“Di usia keempat ini Ralali.com tetap berpegang pada komitmen awal, yakni menjadi solusi bisnis di Indonesia. Dengan adanya Ralali.com sebagai B2B marketplace, diharapkan dapat mempermudah masyarakat Indonesia yang ingin memulai atau menjalankan bisnisnya sehingga nantinya ikut mengembangkan perekonomian Indonesia,” ungkap Joseph Aditya pada acara Gala Dinner 4th Anniversary Ralali.com di Resort Nuansa Bali, Anyer.

Baca juga :  Galang Semangat Wirausaha, Ralali.com Adakan Edukasi Bisnis Online bagi Sahabat Yatim Indonesia

“Yang menjadi business goals kami yakni Sahabat Ralali (buyer Ralali.com-red) memiliki akses terhadap dukungan bisnis yang mendukung. Selain ketersediaan barang, kami juga terus berinovasi untuk pembiayaan, pendanaan, dan pembayaran solutif. Selain itu, Ralali.com juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan logistik seperti SAP Express untuk memudahkan dan mempercepat pengiriman barang. Saat ini Ralali.com mampu melayani pembelian kebutuhan bisnis dari Aceh hingga Papua,” Joseph menambahkan.

Kunci dalam menjalankan bisnis yang sukses adalah mendapatkan kepercayaan dari pihak-pihak terkait. Meski baru berusia empat tahun, saat ini Ralali.com telah memiliki ribuan seller (Mitra Ralali- red) yang merupakan supplier terpercaya dan tervalidasi. Tidak hanya menarik supplier dalam negeri, Ralali.com juga sedang menjalin kerja sama dengan international suppliers. Tujuannya yakni menyediakan barang kebutuhan bisnis yang semakin lengkap dan bervariasi. Jika pada tahun lalu kategori transaksi masih didominasi oleh Machinery and Industrial Parts sebesar 55% dari total transaksi, di tahun 2017 ini kategori-kategori lainnya terus meningkat seperti Computer & Communication, Food & Beverages, serta Beauty, Sports & Textile.

Baca juga :  Sambut Lebaran, Ralali.com dan Lippo Plaza Kramat Jati Gelar Aksi Donor Darah

Tidak hanya kategori yang terus berinovasi, Ralali.com juga menyediakan business collection yang memudahkan Sahabat Ralali untuk memilih barang sesuai dengan jenis usaha yang diinginkan. Apabila masih terdapat kesulitan dalam menemukan supplier untuk jenis barang yang unik, Ralali.com menawarkan fitur RFQ (Request for Quotation) dimana Sahabat Ralali dapat memasukkan permintaan untuk barang apapun yang diinginkan namun masih belum tahu supplier mana yang dapat memenuhi. Di sisi lain, penjual dapat memberikan penawaran (bidding) untuk permintaan tersebut. Sedangkan untuk mereka yang membutuhkan barang-barang pesanan khusus (custom made) dapat langsung menggunakan fitur Hubungi Penjual.

“RFQ ada karena kami melihat kebutuhan bisnis setiap orang berbeda dan penjual pun dapat melakukan penawaran yang sesuai dengan bidangnya. Lewat RFQ kami dapat memenuhi kebutuhan barang-barang yang unik seperti elevator speedometer dan gunting beton. Fitur Hubungi Penjual juga ada apabila Sahabat Ralali sudah tau di mana supplier yang tepat dan berencana memesan barang custom made,” Joseph menerangkan.

Baca juga :  Dukun Palsu Beraksi Tipu Korban Puluhan Juta di Panongan Tangerang

Nilai transaksi yang telah dihasilkan oleh Ralali.com juga terus meningkat lebih dari 900% dalam dua tahun terakhir. Dengan jumlah transaksi yang terus menanjak, Ralali.com membuktikan komitmennya untuk senantiasa menjadi solusi bisnis dan memenuhi harapan semua pihak termasuk customer dan investor.

 

loading...
BAGIKAN