Budaya Berbagi Berkah Ramadhan di Kampoeng Literasi TBM Kedai Proses

Berbagi Berkah Ramadhan di Kampoeng Literasi TBM Kedai Proses

Berbagi Berkah Ramadhan di Kampoeng Literasi TBM Kedai Proses
Relawan Literasi berbagi berkah Ramadhan di Kampoeng Literasi TBM Kedai Proses, Jumat (23/6/2017)

LEBAK, Pelitabanten.com – Sore itu, gerimis membasahi pelataran (TBM) yang berlokasi di di Jl Budi Utomo No. 22L Komplek , Kel. Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak-Banten.

Di salah satu ruang besar di area Kampoeng Literasi TBM Kedai proses, sejumlah anak yatim  duduk bersila menyimak perbincangan seputar kegiatan dalam acara Gema Ramadhan.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda tahunan yang rutin dilakukan di sini,” ujar DC Aryadi, pembina TBM Kedai Proses, Jumat (23/6/2017)

Penyaluran , infaq dan shodaqoh yang digelar dalam acara tersebut juga diisi dengan penampilan musik dan pembacaan puisi oleh para relawan.

“Program ini dilakukan pada setiap bulan suci ramadhan, selain menyalurkan zakat infak kepada anak-anak yatim, kegiatan ini  juga diwarnai sederet aktivitas lain, seperti gelar puisi dan pentas music religi,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pemprov Banten Optimalkan Pemeliharaan Jalan di Lebak
Berbagi Berkah Ramadhan di Kampoeng Literasi TBM Kedai Proses
Harot Wijaya saat memberikan santunan bagi anak yatim di TBM Kedai Proses, Jumat (23/6/2017)

Kegiatan menjelang waktu berbuka puasa berlangsung sekira dua jam, melibatkan anak-anak yatim penerima santunan berasal dari tiga desa sekitar TBM Kedai Proses yang sudah terdata sebelumnya oleh panitia.

“Beberapa tahun terakhir, mereka sudah seperti langganan dalam kegiatan ini,” lanjut pria yang juga disapa Jaro Kampoeng Literasi.

Kampoeng Literasi TBM Kedai Proses berada diantara pemukiman penduduk merupakan wadah bagi komunitas literasi yang aktif melakukan dalam berbagai bentuk.  Selama bulan ramadhan, sejumlah kegiatan lain juga dilakukan, seperti gelaran buku, aksi sosial untuk kebakaran kampung luar Cisaban yang baru-baru ini terjadi, juga kegiatan-kegiatan kreatif lainnya.

Para relawan yang tergabung umumnya adalah warga sekitar, mereka terdiri dari para mahasiswa, guru, bahkan ada juga .

Menurut salah seorang pengurus yang aktif, “Mereka datang secara sukarela, tidak dipungut bayaran dan kami terbuka bagi siapapun untuk relawan yang datang dan ingin bergabung,” kata Harto Wijaya, salah seorang relawan.

Baca Juga:  Hadir di Acara Seminar Keperawatan, Ali Taher Sampaikan Tiga Prioritas Utama

Selama bulan Ramadhan, kegiatan di Kampoen Literasi TBM Kedai Proses seolah tak ada habisnya. Sebelumnya juga telah dilaksanakan Peluncuran Buku Kumpulan Cerita “Obor” karya relawan yang tergabung dalam kelas menulis.

“Apa yang telah dilakukan para relawan di Kampoeng Literasi TBM Kedai Proses menjadi wahana mengisi bulan yang penuh berkah ini dengan berbuat dan berbagi hal kebaikkan, dan di Kampoeng Literasi menjadi salah satu tempat untuk melakukannya,” pungkasnya. (Kontributor: )