Beranda Opini Revolusi Toilet

Revolusi Toilet

437
BAGIKAN
Revolusi Toilet
Eko Supriatno, Akademisi dan Tenaga Ahli DPRD Provinsi Banten

Pelitabanten.com – Membaca tulisan saudara Atih Ardiansyah di Radar Banten (27/5/2017) berjudul “Kamar Mandi dan Persoalan Kebangsaan Kita” menurut saya sangat menarik.

Ia menulis bahwa atas berbagai tantangan kebangsaan kita, Steven Kandouw mencanangkan sebuah program yang menurutnya merupakan solusi fundamental. Ya dialah, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven OE Kandouw (47) yang mencanangkan “revolusi toilet” di daerahnya.

Ia menginginkan toilet seluruh sekolah, toilet kantor pemerintah, dan toilet umum di Sulawesi Utara menyerupai toilet di mall, indah, nyaman, bersih, dan kering.

Belajar dari Banyuwangi

Siapa bilang toilet tidak penting? Bagi sebagian orang, toilet sering disepelekan, bahkan keberadaannya sering hanya dianggap sebagai fasilitas pelengkap suatu lokasi, entah itu gedung atau tempat wisata.

Penampilannya sering ala kadarnya, kebersihannya kurang diperhatikan. Namun jangan kaget, di Banyuwangi, toilet bahkan di festivalkan untuk mengangkat pamor pariwisatanya. Festival Toilet Bersih adalah sebuah event Banyuwangi yang mengangkat Kearifan Lokal melalui Festival yang kreatif, unik, dan menarik.

Banyuwangi semakin memantapkan diri sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi masyarakat Indonesia. Mungkin dulu tidak pernah terbesit di pikiran kita untuk berwisata ke Banyuwangi. Tapi, semua itu berubah seiring dengan perkembangan yang ditorehkan Banyuwangi beberapa tahun terakhir.

Apalagi, saat Banyuwangi dipimpin oleh Bupati Abdullah Azwar Anas. Azwar memang serius menjadikan Banyuwangi sebagai kota yang nyaman bagi warganya maupun wisatawan. Menjaga Banyuwangi untuk selalu bersih merupakan salah satu upaya menciptakan kenyamanan tersebut.

Pemerintah tidak sendiri dalam upaya mewujudkan Banyuwangi yang bersih. Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melibatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan.
Banyuwangi sebagai kabupaten yang bersih bukan tanpa kendala. Meski begitu, dengan semangat perubahan, Banyuwangi bisa membuktikan kalau sesuatu yang tak mudah tetap bisa ditaklukan.

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Kabupaten Banyuwangi. Kabupaten berjuluk the Sunrise of Java ini memperoleh penghargaan Adipura Buana, penghargaan di bidang kebersihan dan lingkungan hidup yang untuk keempat kalinya.
Piala Adipura Buana merupakan penghargaan kategori baru.

1
2
3
4
BAGIKAN