Beranda Pendidikan Jaga Kelestarian Pantai, Pemuda Desa Pasauran Gelar Perpustakaan Terbuka Bangun Minat Baca...

Jaga Kelestarian Pantai, Pemuda Desa Pasauran Gelar Perpustakaan Terbuka Bangun Minat Baca Masyarakat

526
BAGIKAN
Jaga Kelestarian Pantai, Pemuda Desa Pasauran Gelar Perpustakaan Terbuka Bangun Minat Baca Masyarakat
Ikatan Remaja dan Pemuda Pasauran (IRPA), menggelar perpustakaan terbuka di tepi pantai. Senin (19/6/2017)

SERANG, Pelitabanten.com – Sore di bulan Juni, mendung kerap menggelayuti pesisir pantai di kawasan Cinangka, Kab. Serang. Sekelompok anak muda meski dibayangi mendung di setiap sore hari, tak menyurutkan niat untuk menjalankan agenda kegiatan yang selama bulan Ramadhan ini telah bergulir. Ikatan Remaja dan Pemuda Pasauran (IRPA), sekelompok anak muda Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kab. Serang-Banten membuka perpustakaan terbuka, menggelar buku memandu anak-anak membaca sambil ngabuburit menunggu saatnya berbuka puasa.

“ini merupakan kegiatan membaca buku bersama selama bulan suci ramadhan dengan menggelar program perpustakaan terbuka,” ujar Hikmatiar, salah satu aktivis IRPA, Senin (19/6/2017)

Gerakan literasi yang terus digaungkan oleh para relawan Taman Bacaan Masyarakat khususnya di Desa Pasauran ini terinspirasi dari data UNESCO yang mencatat bahwa Indonesia berada di peringkat 60 dari 62 negara yang terbilang minim terhadap minta baca.

“Itulah kenapa kami pemuda desa Pasauran terpanggil untuk melakukan gerakan literasi dengan membuka perpustakaan terbuka selama bulan Ramadhan ini,” imbuh Hikmat.

Dikatakan kegiatan yang telah dilaksanakan selama bulan puasa ini sengaja dilakukan di pinggir pantai, selain menikmati keindahan alam juga mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan dengan segenap keindahan yang dimiliki, agar tertanam rasa keinginan untuk menjaganya dari segala hal yang dapat merusak dan menjadikan alam tak dapat dinikmati keindahannya.

(Yusuf Marufi; Jurnalis Kampung)