Beranda Pendidikan TBM Kedai Proses Rangkasbitung Jadi Tempat Berkumpul Para Jurnalis Pemula di Lebak

TBM Kedai Proses Rangkasbitung Jadi Tempat Berkumpul Para Jurnalis Pemula di Lebak

349
BAGIKAN
TBM Kedai Proses Rangkasbitung Jadi Tempat Berkumpul Para Jurnalis Pemula di Lebak
Kegiatan malam Pelatihan Penulisan Majalah Kampung, selaim mempraktikan proses jurnalistik, peserta menjadikan Kampung Literasi TBM Kedai Proses sebagai sekretariat Jurnal Kampung, Selasa (23/5/2017)

LEBAK, Pelitabanten.com – Geliat jurnalisme di kalangan relawan Taman Bacaan Masyarakat di Kabupaten Lebak semakin terasa. Hal ini disebabkan oleh fenomena berita hoax yang berkembang di tengah masyarakat akhir-akhir ini, dan menjadi ide dasar dari sebuah kegiatan Pelatihan Jurnalistik di Kampung Literasi Kedai Proses, Jln. Budi Utomo No. 22 L Komplek Pendidikan Rangkasbitung,  Lebak – Banten.

Bekerja sama dengan Kantor Bahasa Banten, Forum TBM Prov. Banten menggelar kegiatan bertajuk Pelatihan Penulisan Majalah Kampung bertempat di Gedung Serba Guna, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Setia Budhi Rangkasbitung, Selasa (23/5/2017).

Kegiatan yang melibatkan 50 peserta terdiri dari pengelola TBM se-Kab. Lebak, Mahasiswa, Pelajar dan Masyarakat Umum ini bertujuan untuk memberikan pelatihan jurnalistik sebagai salah satu program di Kampung Literasi Kedai Proses, yakni Literasi Media.

“Literasi Media merupakan salah satu program Kampung Literasi Kedai Proses yang bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi warga agar tidak terjebak oleh pemberitaan yang bohong atau hoax yang akhir-akhir ini berkembang di tengah masyarakat,” kata Ketua Forum TBM Prov. Banten, DC Aryadi. Selasa Malam (23/5/2017).

Dalam sesi kegiatan malam, di tengah istirahat para peserta dilakukan praktik ulang bagaimana cara penulisan artikel berita sebagai latihan ulang materi yang diberikan siang tadi.

“Kegiatan malam ini (red. Pelatihan Penulis Majalah Kampung) sangat berguna bagi saya sebagai pemula dalam dunia jurnalistik agar seluruh peserta bisa lebih memahami apa tujuan terlaksananya kegiatan tadi Siang, dan bagaimana cara menulis artikel berita secara benar,” kata Sela Awaliyah, salah seorang peserta pelatihan.

Kegiatan Pelatihan Penulisan Majalah Kampung dilakukan selama dua hari (23-24/5/2017) melibatkan peserta dari sejumlah kecamatan di Lebak yakni; Bayah, Malingping, Wanasalam, Cijaku, Cimarga, Warunggunung, Cijoro dan Rangkasbitung. Mereka bermalam di Asrama Kampung Literasi TBM Kedai Proses yang sepakat dijadikan sekretariat Redaktur Jurnal Kampung. (*Sela Awaliyah)