Beranda Peristiwa Kabupaten Tangerang Peringati Semangat Hari Kebangkitan Nasional, Relawan Motor Literasi Chapter Kab. Tangerang Bagi-bagi...

Peringati Semangat Hari Kebangkitan Nasional, Relawan Motor Literasi Chapter Kab. Tangerang Bagi-bagi Buku Bacaan

442
BAGIKAN
Peringati Semangat Hari Kebangkitan Nasional, Relawan Motor Literasi Chapter Kab. Tangerang Bagi-bagi Buku Bacaan
Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Pegiat Literasi mengadakan acara "Semangat Berbagi Buku" ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang memiliki PAUD di wilayah Kabupaten Tangerang (20/5/2017)

TANGERANG, Pelitabanten.com – Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Mei dimeriahkan oleh para Pegiat Literasi yang terdiri dari Komunitas Motor Literasi (MOLI) bersama Forum TBM Kab. Tangerang dengan mengadakan acara “Semangat Berbagi Buku” ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang memiliki PAUD di wilayah Kabupaten Tangerang.

Bertempat di area Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, para relawan mengadakan gelaran buku dan berkumpul menggelar diskusi literasi sebagai bentuk semangat juang para pegiat literasi untuk ikut berpartisipasi membangun negeri.

Selain memberikan donasi buku bacaan anak, mereka juga mensosialisasikan pentingnya menanamkan minat dan budaya literasi sejak dini.

Pada kesempatan itu, para pegiat literasi juga mengajak orang tua murid yang hadir, untuk rajin membacakan buku kepada anak-anak serta mendongeng sebelum tidur.

“Kami percaya dengan meningkatkan minat dan budaya literasi, bangsa Indonesia akan jauh lebih baik dari saat ini, untuk itu kami sebagai pegiat literasi akan terus berjuang membangun bumi pertiwi yang kami cinta ini, dengan cara mendekatkan buku kepada masyarakat,” kata Andri Gunawan salah satu peserta aksi literasi yang juga Ketua Forum TBM Kab.Tangerang, Sabtu (20/5/2017).

Hal serupa juga diungkapkan Sonil, Koordinator Moli Chapter Kabupaten Tangerang “Gerakan Literasi dengan inovasi Motor Literasi (MOLI) ini akan terus mewabah di berbagai daerah di Indonesia salah satunya di Banten. Kami para relawan keliling mengumpulkan buku bacaan dari masyarakat maupun donatur, kemudian kami sumbangkan ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Semoga Gerakan Literasi bersama Moli ini mampu menjadi jembatan untuk mewujudkan pemerataan layanan baca dan akses buku kepada masyarakat. Sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang literat dan pembelajar sepanjang hayat,” kata pria yang jug pengelola TBM Himata itu.

Gerakan literasi melalui Taman Bacaan Masyarakat yang dibangun oleh para pegiat literasi yang tergabung di Forum Taman Bacaan Masyarakat telah berhasil menggaungkan semangat literasi di kalangan masyarakat Indonesia.

Semangat yang digelorakan oleh para relawan literasi mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi dengan memberikan kebijakan menggratiskan ongkos pengiriman buku di Kantor PT Pos Indonesia pada tanggal 20 Mei dan selanjutnya tanggal 17 setiap bulan.

Hal tersebut disambut antusias oleh penggagas Relawan Motor Literasi yang juga Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia, Firman Venayaksa.

“Upaya menggratiskan pengiriman buku dari pemerintah adalah sebuah sejarah bagi perkembangan literasi di Indonesia. Dan terbukti jika pengiriman buku di kantor Pos Indonesia dengan harga nol rupiah”, pungkasnya.