Beranda Budaya Sukses ArtVenture Territory of Gajeboh, Para Perupa Gelar Pameran Lukisan di Museum...

Sukses ArtVenture Territory of Gajeboh, Para Perupa Gelar Pameran Lukisan di Museum Multatuli

BAGIKAN
Sukses ArtVenture Territory of Gajeboh, Para Perupa Gelar Pameran Lukisan di Museum Multatuli
Uday Fadma Saputra saat melukis on the spot ArtVenture Territory of Gajeboh yang melibatkan 46 seniman rupa dari berbagai daerah di Provinsi Banten di Kampung Gajeboh, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Banten (Foto: Courtesy Indra Kesuma)

LEBAK, Pelitabanten.com – Upaya Pemerintah Kabupaten Lebak dalam mensukseskan tradisi tahunan; Upacara Seba Baduy yang rencananya akan dihelat pada (28-29/4) mendatang, mendapat dukungan dari berbagai komunitas dan pelaku seni budaya. Salah satunya yang masuk dalam agenda Pra-Seba yaitu ArtVenture Territory of Gajeboh yang melibatkan 46 seniman rupa dari berbagai daerah di Provinsi Banten, dengan menggelar acara melukis bersama on the spot di Kampung Gajeboh, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Banten pada (22-23/4) lalu.

Sukses ArtVenture Territory of Gajeboh, Para Perupa Gelar Pameran Lukisan di Museum Multatuli Sukses ArtVenture Territory of Gajeboh, Para Perupa Gelar Pameran Lukisan di Museum Multatuli
Poster Pameran Lukisan Baduy on Canvas after ArtVenture Territory of Gajeboh di Museum Multatuli, Rangkasbitung, Lebak pada (27-28/4)

Acara melukis bersama on the spot yang didukung Dewan Kesenian Lebak tersebut rencananya akan berlanjut dengan menggelar Pameran Seni Rupa dengan tema yang sama, yakni Baduy on Canvas after ArtVenture Territory of Gajeboh di Museum Multatuli, Rangkasbitung, Lebak pada (27-28/4) mendatang.

“Sebagai lanjutan dari kegiatan kemarin (red. ArtVenture Territory of Gajeboh), kami akan menggelar pameran seni rupa di Museum Multatuli pada Kamis dan Jumat nanti,” kata Hentje Saputra atau akrab disapa Uday, Selasa (25/4/2017).

Baca juga :  Transportasi Angkutan Umum Berbasis Online, Siapa yang Untung?

Pameran lukisan yang sedianya akan memamerkan karya on the spot para seniman rupa merupakan rangkaian kemeriahan acara Seba Baduy tahun 2017. Para seniman rupa berasal dari Rangkasbitung, Pandeglang, Serang, Cilegon dan Tangerang rencananya akan berkumpul kembali sebagai ajang menjalin silaturahmi di Museum Multatuli.

“Pada acara pameran nanti, kami insya Allah akan kumpul-kumpul lagi sebagai bagian dari rangkaian acara sebelumnya di kampung Gajeboh pada saat melukis bareng on the spot,” kata Uday yang juga Ketua Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Lebak.

Pameran seni rupa Baduy on Canvas after ArtVenture Territory of Gajeboh juga akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian dari para pelaku seni diantaranya tari tradisional, musik akustik, pentas monolog, pertunjukan sulap dan berbagai pertunjukan menarik lainnya. Selain itu, dalam acara tersebut juga akan digelar dialog dan workshop seni rupa.

Baca juga :  Teater Abu Nawas Ponpes Manahijussadat Mencetak Aktor Kehidupan

Upacara Adat Seba Baduy yang menjadi agenda Pemerintah Kabupaten Lebak merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat tidak hanya di Lebak akan tetapi juga dari berbagai kalangan dari luar daerah. Hal ini menjadi peluang untuk mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah yang ingin menyaksikan tradisi tahunan tersebut.

“Tradisi Seba Baduy akan menjadi daya tarik para wisatawan dari berbagai daerah, makanya momen ini harus benar-benar dikemas secara serius dan profesional dengan tujuan agar Lebak bisa lebih dikenal secara luas sebagai tujuan pariwisata,” kata Aden Sunandar, praktisi Event Organizer yang dipercaya Pemkab Lebak untuk menangani acara Seba Baduy secara keseluruhan.

Rangkaian acara melukis bareng on the spot ArtVenture Territory of Gajeboh dan pameran seni rupa Baduy on Canvas after ArtVenture Territory of Gajeboh diselenggarakan atas dukungan pemerintah Kabupaten Lebak dan Pemerintah Provinsi Banten

Kegiatan yang dimotori Wadah Kreasi Seni (WKS), Dwi Cipta Perdana, Kul Desain dan Opyank Art juga disupport oleh jaringan kesenian Dewan Kesenian Lebak; The Lima Studio, Sanggar Embun, Tiang Art Gallery, Palang Pintu Fine Art, Forum Komunikasi Pemuda Ciuyah (FKPC), Momonon Sanggart, Moslangid Art, B’ Studio Photography dan Videography, Kampoeng Literasi, Media Online Pelita Banten.