Pesan Kapolda Untuk Jajaran Polres Metro Tangerang Kota: Tuntaskan Begal dan Pinjol Bentuk Tim Khusus

Pesan Kapolda Untuk Jajaran Polres Metro Tangerang Kota: Tuntaskan Begal dan Pinjol Bentuk Tim Khusus
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran Saat Mencoba Lapangan Tembak Asrama Polisi Pasar Baru Kota Tangerang. Kamis (14/10). Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com
Hari Jadi Kab Tangerang 2021

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Berbagai Aksi begal dan pemerasan yang dilakukan oleh oknum pinjaman online (Pinjol) di Kota Tangerang diketahui semakin menjamur dan menjadi-jadi.

Kondisi pandemi Covid-19 saat ini Pinjol merupakan bentuk kejahatan yang sangat meresahkan masyarakat, begitu juga aksi begal.

Hal tersebut diakui oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran saat menyambangi Polres Metro Tangerang Kota pada peresmian asrama polisi Pasar Baru di Kota Tangerang pasca kebakaran pada bulan April lalu.

Kapolda Irjen Pol M Fadil Imran mengatakan, kasus pinjol dan aksi begal sudah sangat meresahkan masyarakat, termasuk masyarakat Kota Tangerang.

Teror yang dilakukan kolektor pinjaman online menurut Fadil sudah sangat tidak wajar sampai mengirimkan ancaman ke debiturnya. Membuat masyarakat stress hingga ada yang bunuh diri karena teror Pinjol.

“Kelompok begal segera diperhatikan, tuntaskan segera kasusnya, karena begal sangat meresahkan masyarakat. Wilayah penyangga seperti Kota Tangerang ini banyak peningkatan kasus curanmor (pencurian kendaraan bermotor),” ujar Fadil di Mapolres untuk menjadi perhatian jajaran reserse Polres Metro Tangerang Kota.

Baca Juga:  Melalui Teleconference, Bupati Lebak Buka Musrenbang Bersama Enam Kecamatan

Fadil mengatakan, kasus begal tidak hanya merebak di Kota Tangerang tapi juga terjadi di wilayah aglomerasi DKI Jakarta selama Pandemi Covid-19.

“Bekasi, Kabupaten, dan Kota juga. Pokoknya wilayah-wilayah penyangga ibukota kasus-kasus begal cukup tinggi,” kata dia.

Kendati demikian, Fadil tidak merinci secara spesifik jumlah kasus begal selama pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Saat ini yang sedang marak selain kasus begal, kata Fadil adalah kasus pinjaman online yang sudah sangat meresahkan masyarakat, debitur (peminjam) online di teror dengan cara yang melanggar hukum.

Saking meresahkannya, Kepada jajaran Reserse Kriminal Polres Metro Tangerang Kota Dirinya meminta agar segera membentuk tim khusus memburu kantor pinjol dan oknum-oknumnya untuk ditindak tegas.

“Kasus-kasus yang jadi atensi masyarakat seperti begal, pinjol, sekarang banyak. Itu begal dan pinjol coba dibuat tim khusus,” perintahnya.

Baca Juga:  Direktur Lion Air Bantah Pilotnya Ditangkap BNN

Fadil juga menanggapi soal tagar yang viral di media sosial yakni #PercumaLaporPolisi.

Belakangan diketahui tagar tersebut hingga hari ini menduduki peringat pertama di media sosial Twitter.

Polisi tidak boleh pilih kasih dalam melayani masyarakat dan segera menuntaskan penyelidikan apapun itu laporan masyarakat.

“Pada seluruh anggota Polres Metro Tangerang Kota, reserse khususnya, perhatikan betul apa yang jadi keinginan masyarakat. Kalau ada masyarakat lapor, segera dalam jangka waktu yang sesingkat-singkatnya laporan segera diproses tidak lebih dari satu minggu, laporkan setiap perkembangan penyidikan nya,” tandas Fadil.