Tangkal Penyakit Rabies, Pemkab Pandeglang Gelar Vaksinasi Hewan Peliharaan

Tangkal Penyakit Rabies, Pemkab Pandeglang Gelar Vaksinasi Hewan Peliharaan
Kegiatan vaksinasi rabies di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Pandeglang, Selasa (28/9/2021). (Dok Ist)
Hari Jadi Kab Tangerang 2021

PANDEGLANG Pelitabanten.com – Penyakit rabies adalah penyakit yang dapat ditularkan dari hewan kepada manusia. Oleh sebab itu, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Taufik Hidayat mengharapkan kesadaran untuk vaksinasi rabies terus meningkat khususnya bagi warga yang memelihara hewan penular rabies.

“Alhamdulillah pada kesempatan vaksinasi rabies ini banyak kami lihat ibu- ibu membawa kucing untuk ikut vaksinasi, semoga kedepan terus meningkat sehingga hewan yang dipelihara dalam kondisi sehat,” demikian dikatakan PLH Sekda pada saat meninjau vaksinasi rabies di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), Selasa (28/9/2021).

Dikatakan Taufik, jika memelihara hewan peliharaan khususnya penular rabies, harus rajin memeriksakan kesehatannya agar kondisi hewan peliharaan itu sehat. ” Harus disayangi dan divaksin hewan peliharaannya agar semua sehat. Semoga semakin meningkat lagi keperduliannya terhadap kesehatan hewan peliharaannya,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Budi S Januardi mengatakan, pelaksanaan vaksin rabies yang dilaksanakan pada bulan september adalah puncak kegiatan rabies sedunia. “Setiap tanggal 28 september merupakan pucak peringatan rabies sedunia, kami mengadakan vaksinasi masal secara gratis,” katanya.

Baca Juga:  Gubernur WH: Kita Berbagi Peran dalam Pelayanan Dasar

Diungkapkan Budi, target nasional pada tahun 2030 Indonesia bebas rabies. “Alhamdulillah kesadaran masyarakat terus meningkat untuk melakukan vaksinasi hewan penular rabies. Selain di Puskeswan dilakukan juga ke wilayah selatan seperti Kecamatan Sumur,”tuturnya.

Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Ade Setiawan menuturkan, antusias masyarakat cukup tinggi dalam vaksinasi masal yang diselenggarakan setiap bulan september. Hal ini kata Ade terlihat dari jumlah kunjungan ke Puskeswan.

“Hewan peliharaan yang divaksinasi Rabies hari ini sebanyak 156 ekor terdiri dari Kucing, Anjing, Monyet, Lutung dan Musang, dan kebanyakan sebagian besar yang divaksin adalah kucing,” tuturnya.

Masih kata Ade, kegiatan vaksinasi masal Rabies ini dilakukan dari tanggal 14, 21 hingga puncaknya tanggal 28 September. “Kami melaksanakan kegiatan ini tiga kali, yang datang cukup banyak sekali apalagi saat ini gratis,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasi Keswan Distan Banten drh. Rina Herviana dan Perwakilan Balai Veteriner Subang Jabar Satriyo Setyo.