Beranda Budaya Pelukis Se-Banten Gelar Acara Melukis Bareng di Kampung Gajeboh Sebelum Upacara Seba...

Pelukis Se-Banten Gelar Acara Melukis Bareng di Kampung Gajeboh Sebelum Upacara Seba Baduy

539
BAGIKAN
Pelukis Se-Banten Gelar Acara Melukis Bareng di Kampung Gajeboh Sebelum Upacara Seba Baduy
Pelukis Se-Banten Gelar Acara Melukis Bareng di Kampung Gajeboh Sebelum Upacara Seba Baduy, 22-23 April 2017

LEBAK, Pelitabanten.com – ARTVENTURE “Territory Of Gajeboh”, adalah perhelatan akbar yang diperuntukan bagi para perupa dan photografer se-Provinsi Banten dan sekitarnya, berupa kegiatan melukis bersama di tengah alam dan pemukinan Adat Baduy tepatnya di Kampung Gajeboh, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak – Banten. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mensukseskan Upacara Seba Baduy 2017 yang sedianya akan dilaksanakan pada 28-29 April 2017 mendatang.

Pelukis Se-Banten Gelar Acara Melukis Bareng di Kampung Gajeboh Sebelum Upacara Seba Baduy
Salah satu spot melukis di Kampung Gajeboh, Baduy

“Tujuan kami mengadakan acara ini (red. ARTVENTURE “Territory Of Gajeboh”) sebagai kepedulian para seniman untuk memeriahkan acara Upacara Adat Seba Baduy tahun ini,” kata Uday, salah satu panitia pelaksana, Sabtu (15/4/2017)

Acara ini berlangsung selama dua hari, yakni 22 s.d 23 April 2017 dimana para peserta akan diajak untuk menikmati suasana alam Baduy dengan menginap di rumah warga yang dijadikan home stay oleh panitia.

“Kita menyewa rumah warga sebagai tempat menginap peserta, menikmati sarapan pagi yang disediakan tuan rumah (red. Warga Baduy) serta menikmati suasana malam yang masih sangat alami,” terang Uday.

Pelukis Se-Banten Gelar Acara Melukis Bareng di Kampung Gajeboh Sebelum Upacara Seba Baduy
Rumah warga Baduy yang akan dijadikan homestay untuk menginap peserta

Sekitar dua bulan lalu, sejak diumumkannya acara ini, hingga saat berita ini diturunkan telah banyak peserta dari delapan kabupaten/kota se-Banten yang mendaftar, bahkan ada juga yang berasal dari luar Banten. Namun karena kesepakatan panitia, ditetapkan jika pendaftaran ditutup pada hari ini (15/4) untuk memperlancar seluruh proses persiapan dan pelaksanaan kegiatan.

“hari ini, Sabtu pagi pendaftaran telah ditutup. Karena kami harus mempersiapkan segala sesuatunya terkait kegiatan di lokasi agar lebih maksimal,” kata Uday.

Acara ARTVENTURE “Territory Of Gajeboh” ini digagas oleh gabungan komunitas seni rupa di Lebak yakni Kuldesain, Wadah Kreasi Seni, dan Opyank Art dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dewan Kesenian Lebak.

“Melalui kegiatan ini kami mengajak seluruh anak muda untuk peduli terhadap pelestarian adat Baduy. Sebab masyarakat adat Baduy merupakan khazanah kekayaan dari tradisi yang masih hidup di Lebak,” pungkas Uday.