Beranda Bisnis Berawal Dari Pelatihan Bertahan Ditengah Pandemi, KUTIL di Cimone Berlimpah Lele

Berawal Dari Pelatihan Bertahan Ditengah Pandemi, KUTIL di Cimone Berlimpah Lele

Berawal Dari Pelatihan Bertahan Ditengah Pandemi, KUTIL di Cimone Berlimpah Lele
BERHASIL: Budidaya Ikan Lele Warga Cimone Kecamatan Karawaci Kota Tangerang Bertahan Ditengah Pandemi Bahkan Berlimpah Hasil. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Dimulai pada bulan Oktober tahun 2020 lalu, dimana masa Pandemi Covid-19 melanda tanah air khususnya kota Tangerang.

Perumahan Cimone Mas Cimone Permai 1 RW 07 Karawaci, Kota Tangerang, Banten. bertahan pangan dengan melakukan budidaya ikan lele.

Diberi nama Kelompok Usaha Ternak Ikan Lele disingkat KUTIL berhasil mengembangkan usaha ikan lele ini menjadi budidaya yang menguntungkan bahkan hasilnya sangat memuaskan.

Ikan Lele yang dihasilkan diberikan secara kepada masyarakat yang membutuhkan, saking berlimpahnya sebagian ada yang dijual kepada pedagang dan peternak ikan yang ingin kembali membudidaya dengan membeli bibit melalui KUTIL ini.

Lurah Cimone Ade Fitri, kepada Pelitabanten.com mengatakan budidaya ikan lele ini berawal dari hasil pelatihan di awal-awal wabah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). Untuk di masa Pandemi.

Baca Juga:  Hari Ibu, Dharma Pertiwi Pusat dan IBM Gelar Baksos Di Tangerang

“Oktober Tahun Lalu, 2020 ya, pelatihan diberikan untuk ketahanan pangan, hasilnya Alhamdulillah, selain untuk dibagikan kepada masyarakat sebagian ada yang di jual juga, hasilnya pun untuk juga dibelikan minyak sayur, karena kadang warga diberi ikannya tapi tidak punya minyak untuk memasaknya,” tutur Ade.

Selain itu, lanjut Ade, hasil dari penjualan ikan lele yang sudah dipanen dan bibit lele juga dimanfaatkan untuk mengembangkan budidaya itu dengan dibelikan pakan lele dan perawatan kolam termasuk mensejahterakan anggota kelompok.

“Saat ini kita punya 15 kolam pembibitan, Selama ini sudah 3 kali panen yang pertama sebanyak 30 kilogram, kedua 60 kilogram, yang terakhir 162 kilogram. Karena banyaknya maka sebagian ada yang dijual,” ungkapnya.

Lele

Berawal Dari Pelatihan Bertahan Ditengah Pandemi, KUTIL di Cimone Berlimpah Lele
KERJASAMA: Bibit Ikan Lele. Foto Pelitabanten.com

 

Ade menuturkan, bahwa beberapa waktu lalu ada permintaan dari negara Malaysia untuk lele dari KUTIL tersebut, katanya akan dijadikan sebagai bahan kosmetik.

Baca Juga:  Bantu Korban Gempa, Gubernur Banten Gerak Cepat

“Tapi masih kita kaji penawaran kerja sama ini, semoga bisa terus berkembang dan menjadi pemicu semangat warga,” ujarnya.

Ade berharap adanya dukungan kembali dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) melalui bekerjasama, semisal membutuhkan bibit ikan lele untuk dibagikan kepada kelompok usaha di wilayah lain dapat membeli di KUTIL Cimone ini. tidak perlu membeli di wilayah lain di luar Kota karena di KUTIL juga berlimpah hasil lelenya.

dengan DKP untuk pembibitan, bisa dibarter dengan pakan atau uang untuk operasional Kutil, semoga bisa menjadi pemicu berkembang ditengah Pandemi Covid-19 atau Pasca Covid-19 sudah berakhir nanti,” tutup Ade Fitri.