Beranda Peristiwa Kota Serang Demi Hindari Kecurangan, LPTQ Banten Terapkan e-MTQ

Demi Hindari Kecurangan, LPTQ Banten Terapkan e-MTQ

BAGIKAN
Demi Hindari Kecurangan, LPTQ Banten Terapkan e-MTQ
Foto: Ilustrasi

SERANG, Pelitabanten.com – Berdasarkan evaluasi tahun sebelumnya, dan demi untuk meminimalisasi kecurangan atau pencatutan peserta dari daerah lain, khususnya dari luar Banten, Lembaga Pengembangan Tillawatil Qur’an (LPTQ) Banten menerapkan e-MTQ untuk pendaftaran peserta Musabaqah Tillawatil Qur’an (MTQ) ke XIV tingkat Provinsi Banten.

Usai rapat persiapan MTQ Banten, Ketua LPTQ Banten Syibli Sarjaya menjelaskan penerapan e-MTQ sudah sesuai dengan peraturan MTQ yang diterbitkan LPTQ Nasional.

“Pemilihan peserta dari luar daerah bisa juga dilakukan dengan syarat sudah tinggal di daerah selama enam bulan dan ada keterangan surat dari pejabat setempat. Misalkan, ada peserta ber-KTP Jawa Barat, dirinya kuliah di daerah Tangerang dan sudah enam bulan berada di Tangerang itu bisa ditarik jadi peserta asal ada syarat tadi. Tapi kalau tidak ada kita akan hapus,” katanya, Rabu (12/4/2017).

Baca juga :  192 Santri Pondok Pesantren Modern Assa’adah Diwisuda, KH Mujiburrahman: Nak, Jadilah Khusnul Khotimah Dalam Hidupmu

Provinsi Banten menjadi pilot project dan menjadi acuan bagi provinsi lain dalam menerapkan e-MTQ. Sementara persiapan pelaksanaan MTQ Banten pada 17-21 April sudah mencapai 90 persen.

“Dari segi materi lomba sudah disusun sebulan sebelumnya, dan itu sudah saya amankan di brankas. SK Gubenur untuk Dewan Hakim sudah keluar, kita juga berharap nanti para dewan hakim tidak main mata. Kita ingin dewan hakim punya integritas yang tinggi,” katanya.Dikatakan jumlah peserta yang ikut pada MTQ Banten kali ini berjumlah 454 peserta dengan rincian, Kota Serang 58 peserta, Kota Cilegon 49 peserta, Kota Tangerang 57 orang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangsel masing masing mengirimkan 58 orang.

“Ada tujuh cabang yang akan dilombakan diantaranya, tilawah, tahfidz, tafsir, fahmil qur’an, syahril qur’an. Ada muatan lokalnya yakni perlombaan qiroatul kutub wal hadits,” kata Syibli.

Baca juga :  Tujuh Partai Pengusung WH-Andika Tegaskan Solid untuk Menang

Sementara Ketua Panitia MTQ Ke XIV Banten yang juga Kepala Biro Kesra Setda Pemprov Banten Irvan Santoso mengatakan, secara umum persiapan MTQ sudah siap baik dari sisi peserta maupun pendanaan.

“Untuk pendaaan MTQ kali ini sebesar Rp 7,9 miliar dengan sumber dana terbagi dua yakni hibah LPTQ sebesar Rp 5,9 miliar dan bantuan keuangan untuk Pemkab Serang sebagai penyelenggara sebesar Rp 2 miliar,” kata Irvan.
Menurut Irvan, untuk venue utama pihaknya sudah menetapkan di lapangan Hotel Marbela, Anyer. Sedangkan untuk Pawai Ta’aruf akan dilaksanakan pagi hari.

“Pembukaan rencananya akan dibuka langsung oleh Pj. Gubenur Banten. Bahkan kabarnya Menteri Agama juga akan hadir,” pungkasnya.

BAGIKAN