Beranda Budaya Gong! Lokakarya Angklung Buhun FSM 2021 Dibuka Kadisbudpar

Gong! Lokakarya Angklung Buhun FSM 2021 Dibuka Kadisbudpar

LEBAK, Pelitabanten.com bertema “Buhunna Sora” merupakan rangkaian acara Seni Multatuli 2021 resmi dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Imam Rismahayadin pada Jumat, (3/9/2021).

Kegiatan yang berlansung di Aula Seni Lemabaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Banten selama tiga hari berturut-turut, 3-5 September 2021 diikuti sebanyak 25 peserta dari pelbagai sanggar seni tradisi di Kabupaten Lebak.

Dalam sambutannya Imam Rismahayadin menyampaikan apresiasinya terkait kegiatan yang telah mengingatkan kembali idiom-idiom lokal Lebak yang harus dilestarikan, semisal kata Buhun Sora yang menjadi tema kegiatan.

“Saya merinding mendengar tema tahun ini, Tunggul Buhun. Mengingatkan saya pada istilah yang sudah lama tidak terdengar di masyarakat yakni Buhunna Sora, dan menunjukkan bahwa kebudayaan Lebak termasuk kebudayaan tua,” papar Kadisbudpar.

Sebagaimana visi misi yang menjadikan Lebak sebagai destinasi unggulan berbasis potensi lokal, diharapkan kegiatan ini dapat memperkuat tujuan visi misi tersebut di bidang seni budaya.

Baca Juga:  Satu Lagi Bocah Tewas Tenggelam di Sungai Cisadane Ditemukan

“Kami berharap kegiatan yang sangat baik ini dapat menguatkan visi misi Lebak di bidang seni yang menjadikan angklung buhun sebagai ciri khas sebagai branding pariwisata,” lanjutnya.

Memungkasi sambutannya, Kadisbudpar mendukung kegiatan yang melibatkan peserta yang seluruhnya dari kalangan milenial dengan harapan dapat mendukung pariwisata di Lebak.
“Selamat mengikuti lokakarya, semoga generasi muda menjadi penerus yang melestarikan seni Lebak,” pungkasnya.

yang berlangsung selama tiga hari dipandu oleh Ismet Ruchimat selaku dosen ISBI bandung dan pemimpin kelompok musik Samba Sunda dan Parwa Rahayu, praktisi seni tradisi.
Setelah tiga hari akan dilanjutkan dengan latihan selama tujuh hari di tempat yang sama.

Tujuannya selain mempraktikkan materi yang sudah disampaikan narasumbet, juga akhir dari pelatihan tersebut akan ditampilkan dalam pembukaan yang akan dilaksanakan pada 4 Oktober 2021 mendatang.

Baca Juga:  Asik ! Tukang Parkir dan Ojeg Dapat Nasi Bungkus Dari Humas Polda Banten