Beranda Peristiwa Kota Tangerang Mendagri Apresiasi Terobosan Pemerintah Kota Tangerang Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Mendagri Apresiasi Terobosan Pemerintah Kota Tangerang Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Mendagri Apresiasi Terobosan Pemerintah Kota Tangerang Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. (Dok Ist)

KOTA TANGERANG. Pelitabanten.com  – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi berbagai terobosan yang dilakukan Pemerintah dalam membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Berbagai terobosan itu dinilai mampu meringankan beban masyarakat dalam menghadapi pandemi.

Terobosan itu misalnya dalam penyaluran kepada masyarakat yang tidak hanya menggunakan sumber pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Negara (APBN) dari pemerintah pusat, maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Namun Pemerintah Kota Tangerang, kata Mendagri, telah melakukan penyaluran dengan menggunakan anggaran di luar kedua sumber pendanaan tersebut. Misalnya, dilakukan dengan memanfaatkan dari pihak lain seperti perusahaan, kelompok masyarakat, maupun perseorangan.

mengimbau agar pemerintah daerah lainnya juga perlu menggalang dari pihak lain seperti perusahaan dan masyarakat yang tergerak untuk membantu. Sehingga pemerintah daerah tidak hanya menunggu bantuan dari pemerintah pusat. Ia menjelaskan, masyarakat yang menerima bantuan dari terangkum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sementara di tengah pandemi, banyak masyarakat terdampak yang belum termuat dalam data tersebut, sehingga perlu dari pemerintah daerah.

Baca Juga:  Dua Pemuda Digelandang ke Polsek Batu Ceper Karena Kedapatan Menyimpan Narkoba Jenis Sabu

“Pemda hendaknya menjadi motor (penggerak bantuan), dan ini sudah berjalan di Kota Tangerang,” ujar saat memberikan keterangan pers usai melakukan bersama jajaran Pemerintah Kota Tangerang, Selasa (27/7/2021).

Terobosan lainnya yaitu membangun situs yang dapat mempertemukan para pemberi kerja dengan pencari kerja. Dengan cara ini, diharapkan masyarakat yang menganggur akibat dampak pandemi bisa segera mendapatkan lapangan kerja. Tak hanya itu, Pemerintah juga menyediakan akses jaringan internet di setiap RW. menilai, di tengah pandemi fasilitas jaringan internet dibutuhkan masyarakat karena banyak kegiatan dilakukan secara daring, seperti kegiatan belajar mengajar maupun kebijakan bekerja dari rumah.

Selain itu, lanjut Mendagri, Pemerintah juga memberikan bagi para wiraswasta atau masyarakat yang menggeluti bidang Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). tersebut misalnya melalui program Emas dan Tangerang Bisa. Program ini dapat menjadi contoh yang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah lainnya. “Saya juga meminta kepada seluruh daerah lain (untuk) melakukan program-program sejenis,” ujar Mendagri.

Baca Juga:  Megawati Soekarno Putri Lantik Pengurus DPD PDI Perjuangan Banten

Source: Puspen Kemendagri