PMI Pinang dan SUF Gelar Donor Darah, Plasma Konvalesen Paling Dicari

PMI Pinang dan SUF Gelar Donor Darah, Plasma Konvalesen Paling Dicari
Donor Darah PMI di Kecamatan Pinang Bekerjasama Dengan Sahabat Uis Foundation. Kamis, (15/7). Foto Pelitabanten.com
Hari Jadi Kab Tangerang 2021

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – PMI Kecamatan Pinang kembali gelar donor darah di Aula Kantor Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten. Kamis, (15/7/2021).

Kegiatan yang bekerjasama dengan Sahabat Uis Foundation (SUF) juga mengimbau agar warga yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 agar mendonorkan plasma konvalesen, sebab paling dibutuhkan di masa pandemi saat ini.

Founder Sahabat Uis Foundation, Uis Adi Dermawan mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan bakti sosial yang bertujuan untuk membantu antar sesama yang sedang membutuhkan transfusi darah.

“Banyak yang belum diketahui juga bahwa donor darah sebenarnya banyak manfaat. Mereka yang mendonorkan darah bermanfaat besar bagi kesehatan seperti mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah dan bagian dari periksa kesehatan,” ungkapnya.

Pria yang juga Ketua KNPI Kota Tangerang ini menargetkan sebanyak-banyaknya pendonor. Saat ini sudah sudah terdaftar sekitar 40 orang, mudah-mudahan terus bertambah.

Baca Juga:  Warga Rangkasbitung Hilang Misterius Usai Gabung Organisasi Gafatar

“Kami juga mengimbau agar masyarakat yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 hasil PCR bisa mendonorkan plasma konvalesen. Plasma Konvalesen bisa membantu penyembuhan Covid-19 dan bagi pendonor ada kepuasan batin bisa membantu orang lain” tegas Uis didampingi Ketua PMI Pinang, Mumu Rohimu.

Mumu menambahkan, ia mengajak masyarakat untuk tidak ragu mendonorkan darahnya di masa pandemi Covid-19, terlebih saat ini sangat dicari pendonor plasma Konvalesen untuk menyembuhkan penderita Covid-19.

“Kami menerapkan protokol kesehatan serta mencoba mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa jangan takut donor, meski sedang pandemi. Karena proses donor darah akan tetap aman, sesuai dengan standar Palang Merah Indonesia,” kata Mumu Rohimu disela-sela kegiatan donor darah.

Ia menambahkan, bahwa saat ini terjadi ketimpangan antara kebutuhan darah dan jumlah pendonor yang membuat stok darah di PMI Kota Tangerang menurun terutama sejak pandemi.

Baca Juga:  WH Dampingi Jokowi Meresmikan Pabrik Baru Polyethylene PT Chandra Asri

“Donor darah sebagai upaya membantu PMI Kota Tangerang dalam memenuhi kebutuhan darah yang semakin hari semakin meningkat, dengan pendonor yang semakin berkurang,” jelasnya.

Sementara, Camat Pinang, Kaonang mengapresiasi kegiatan bakti sosial donor darah yang diselenggarakan PMI Pinang bersama Sahabat Uis Foundation. Donor darah ini memang rutin diselenggarakan di Aula Kecamatan Pinang, baik pegawai, lingkungan maupun masyarakat umum.

“Hari ini plasma penyintas Covid-19 juga sangat dibutuhkan, kita arahkan agar bisa mendonorkan kepada yang membutuhkan. Semoga bisa maslahat untuk saudara-saudara kita yang sedang terpapar,” pungkasnya. (Adn)