Beranda Pendidikan Santri Ponpes Assa’adah Jadi Juara di Creativkids Robotic Competition 2017

Santri Ponpes Assa’adah Jadi Juara di Creativkids Robotic Competition 2017

860
BAGIKAN
Santri Ponpes Assa’adah Jadi Juara di Creativkids Robotic Competition 2017
Club Robotic AGIS bersuka ria raih juara di Creativkids Robotic Competition 2017

SERANG, Pelitabanten.com – Antusiasme peserta Creativkids Robotic Competition 2017 yang diselenggarakan oleh Creative Kids Indonesia bertempat di Mall @ Serpong, Tangerang, Banten pada Sabtu (8/4) terlihat begitu semarak. Event ini merupakan ajang persiapan untuk mengikuti Indonesia Robotic Olympiad yang biasa diselenggarakan oleh Microbot Indonesia setiap tahun.

Ratusan peserta mengikuti ajang yang memacu kreatifitas anak ini berasal dari sejumlah club Robotic Regional Banten. Salah satu kelompok pesertanya adalah Assa’adah Global Islamic School (AGIS) berasal dari Kota Serang yang membawa santri-santri cilik dari kelas 1, 2, dan 3 tingkat Sekolah Dasar.

Dari berbagai kategori yang dilombakan oleh panitia Creativkids Robotic Competition 2017, AGIS Primay School dan Assaadah Robotic Team berhasil menjuarai beberapa kategori, antara lain Best Design, Best Team Work, Robot Mission, dan Best Construction.  Peringkat 1 dan 2 diraih untuk kategori anak, dan peringkat 2 dan 3 untuk kategori Robot Mission. Alhasil Assa’adah Global Islamic School berhasil membawa pulang hadiah juara untuk 6 kategori.

Baca juga :  Arfin Kommizanzili Pimpin Ikatan Alumni Fakultas (IKA FH) Untirta

Keberhasilan yang telah diraih AGIS Primary School sesungguhnya tidak lepas dari bimbingan santri senior yang telah lebih dahulu mempelajari ilmu tentang robotic. Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Pesantren Assa’adah, KH. Mujiburrahman, “Tradisi yang selama ini dikembangkan di lingkungan pesantren, kakak kelas membina dan membimbing adik-adik kelasnya dengan mengacu pada kaidah; ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diamalkan,” katanya, Minggu (9/4/2017).

Assa’adah Global Islamic School atau AGIS  Primary School yang beralamat di Banjarsari, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang – Banten merupakan bagian dari lembaga pendidikan Pondok Pesantren Assa’adah yang menyelenggarakan kelas setingkat Sekolah Dasar (SD), Taman Kanak-kanak (TK) dan Play Group dan jika ada orangtua yang berminat menyekolahkan putra-putrinya dapat berkunjung ke website AGIS:  http://agis.sch.id/ untuk informasi lebih lengkap.

Sebagaimana visi misi yang ingin dicapai, AGIS Primary School berupaya menciptakan lingkungan yang mampu membentuk komunitas pembelajar yang menyelenggarakan pendidikan bermakna dan mengembangkan potensi terbaik siswa yang berwawasan global dan islami.

Baca juga :  Jembatan Putus Diterjang Banjir, Persiapan Siswa Jelang Ujian Nasional Terganggu

Dalam pesannya kepada santri, dikatakan oleh Kiai Mujib, “Nak, kalau santri itu harus bisa menunjukan kemampuanya disegala sisi, harus mampu berfikir secara global. Karena kami tau lembaga pendidikan itu hidup karena kalian, bukan karena megahnya bangunan,” katanya.

Maka tak ayal, Pondok Pesantren Assa’adah dengan AGIS Primary School yang menjadi sistem pembelajaran berkelanjutan secara integral, merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan pembelajaran secara berkesinambungan, sebagaimana disampaikan Kiai Mujib, “Sistem yang diterapkan di Pondok Assa’adah yaitu pembelajaran seumur hidup, long live education, and creativity is more important then knowledge, dan kreatifitas itu lebih penting daripada ilmu pengetahuan,” pungkasnya.