Beranda Peristiwa Kabupaten Lebak Kebakaran Hanguskan Tiga Rumah Warga Baduy, BPBD Lebak Salurkan Bantuan

Kebakaran Hanguskan Tiga Rumah Warga Baduy, BPBD Lebak Salurkan Bantuan

432
BAGIKAN
Kebakaran Hanguskan Tiga Rumah Warga Baduy, BPBD Lebak Salurkan Bantuan
Kebakaran menghanguskan tiga rumah di Kampung Cikadu, Desa Kanekes, Kec. Leuwidamar Kab. Lebak (Foto: Courtesy Banten Hits)

LEBAK, Pelitabanten.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak, Banten, menyalurkan bantuan bahan pokok kepada warga Baduy korban kebakaran. Penyaluran bantuan bahan pokok tersebut berupa beras, susu, minyak goreng, gula, mi instan, dan pakaian.

“Penyaluran bahan pokok itu untuk mengurangi beban ekonomi keluarga korban kebakaran,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi, Sabtu (8/4/2017)

Peristiwa kebakaran pada Kamis (6/4) dini hari di permukiman Baduy berlokasi di Kampung Cikadu, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar menyebabkan tiga rumah hangus terbakar hingga rata dengan tanah namun tidak menimbulkan korban jiwa. Ketiga rumah warga Baduy yang terbakar itu, antara lain, keluarga Saidi (45), Aming (50), dan Armah (60).

Saat ini warga korban kebakaran tinggal dengan keluarga yang selamat dari kebakaran. Kebakaran di permukiman Baduy sering kali terjadi karena mereka melakukan kebutuhan memasak menggunakan tungku. Dimana di atas tungku itu terdapat bahan kayu bakar sehingga terkadang bara api menimbulkan kebakaran.

Selain itu juga rumah-rumah warga Baduy mudah terbakar karena terbuat dari bilik bambu dan kayu. “Kami berharap bantuan bahan pokok itu dapat meringankan keluarga mereka yang terkena musibah kebakaran,” katanya.

Pemerintah daerah akan membantu rumah warga Baduy yang hangus terbakar hingga rata dengan tanah. Musibah kebakaran yang memakan korban tiga rumah warga Baduy itu diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 200 juta. Kemungkinan bantuan untuk kembali membangun rumah mereka dengan melibatkan relawan.

“Kami berharap dalam waktu dekat bisa menyelesaikan bangunan rumah warga Baduy itu,” katanya.

BAGIKAN