Beranda Entertainment Lifestyle Tiga Daerah di Banten Ini Mendapat Nominasi Kota Layak Anak (KLA)

Tiga Daerah di Banten Ini Mendapat Nominasi Kota Layak Anak (KLA)

469
BAGIKAN
Tiga Daerah di Banten Ini Mendapat Nominasi Kota Layak Anak (KLA)
Salah satu sudut Kota Layak Anak (Foto: Ilustrasi)

SERANG, Pelitabanten.com – Tiga kabupaten/kota di Provinsi Banten tahun 2017 ini mendapat nominasi penilaian Kota Layak Anak (KLA). Tiga kota tersebut ialah Kota Serang, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

Seperti dikatakan Siti Maani Nina, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten, “Ketiga kab/kota tersebut dinilai telah memenuhi lima cluster dalam penilaian KLA,” Kamis (6/4/2017).

Untuk menentukan KLA skor dihitung berdasarkan batas minimal 500 poin. Terdiri dari lima cluster penilaian yaitu hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuh alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus bagi anak.

“Sudah ada tiga yang memenuhi, Kota Serang 566,65 poin, Kota Tangerang 516.35 poin, dan Kabupaten Tangerang 501,6 poin, dengan kata lain ketiga kota tersebut sudah diverifikasi,” kata Nina.

Baca juga :  Dika Mahmudin Terpilih Sebagai Ketua PK Partai Golkar Kecamatan Cipondoh

Meski demikian, dalam memenuhi kelima unsur tersebut, dibutuhkan kerjasama antara satu Organisasi Perangakat Daerah (OPD) yang satu dengan yang lain.

“Misalkan melalui Dinas Informatika, nanti diinformasikan apakah ada trotoar layak anak, Dinsos apakah ada rumah singgah untuk anak, Dinas Pendidikan apakah ada beasiswa untuk anak. Semuanya itu nanti diinput dalam database, untuk diberikan penilaian,” kata Nina.

Ia mengatakan, selain tiga daerah tersebut, saat ini yang sedang gencar mengupayakan KLA yaitu Kabupaten Pandeglang sebagai kabupaten layak anak. “Saya melihat Bupati Pandeglang, Ibu Irna Narulita sangat konsen terhadap anak. Kita juga terus memfasilitasi melalui bantuan keuangan ke P2TP2A Pandeglang, kita akan terus genjot agar Pandeglang menjadi Kabupaten Layak Anak,” katanya.

Ia berkeyakinan kabupaten/kota di Banten mempunyai komitmen yang sama dalam mewujudkan kota/kabupaten layak anak tersebut.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, DP3AKKB Banten, Erminiwati mengatakan, “Semua kabupaten/kota sudah berniat untuk mewujudkan KLA. Namun, terkendala minimnya informasi. Tahun ini ada 3 yang masuk penilaian tahun 2017, sebelumnya Kota Tangsel sudah mendapat predikat Kota Layak Anak,” kata Erminiwati.