Peristiwa Kota Tangerang Kumuh dan Bau, Bersih-Bersih Kali Sipon Akankah Sadarkan Masyarakat?

Kumuh dan Bau, Bersih-Bersih Kali Sipon Akankah Sadarkan Masyarakat?

Kumuh dan Bau, Bersih-Bersih Kali Sipon Akankah Sadarkan Masyarakat?
Kumuh dan Bau, Kondisi Kali Sipon, Kecamatan Cipondoh Saat Ini. Jum'at (11/6). Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA , Pelitabanten.com — Untuk merubah terlihat bersih dari yang menumpuk, hitam dan , dan akan menggelar bersih-bersih kali sipon.

Hal tersebut untuk menyadarkan masyarakat dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan juga nyaman. karena, saat ini kondisi kali sipon sangat memprihatinkan, kumuh dan bau.

Camat Cipondoh, Rizal Ridohollah mengungkapkan, aksi bersih sampah kali sipon akan di gelar Sabtu (12/6/2021) besok, aksi bersih-bersih kali sipon itu bakal melibatkan berbagai unsur masyarakat yang peduli akan kebersihan kali sipon.

“Kita akan gelar, kebetulan itu hajatnya bukan milik kita. Tetapi, kita sebagai pemerintah wilayah mendukung aksi tersebut sebagai upaya menciptakan kali sipon bersih dari sampah,” kata Rizal saat dikonfirmasi, Jum’at (10/6/2021).

Kumuh dan Bau, Bersih-Bersih Kali Sipon Akankah Sadarkan Masyarakat?
Kali Sipon Penuh Sampah dan Bau, Bersih-Bersih Kali Sipon Akankah Sadarkan Masyarakat?. Foto Pelitabanten.com

Rizal menuturkan, sebenarnya kali sipon sudah sering dilakukan pembersihan oleh Dinas PUPR , tetapi masyarakat masih kurang sadar akan bahayanya membuang sampah di kali sipon. bisa menyebabkan banjir dan .

Baca Juga:  PMI Kota Tangerang Akan Gelar Muskot ke- 4 di Serang Banten

“Biasanya yang membuang adalah pedagang yang berjualan di badan kali sipon, mereka buang sampah setelah berjualan. Kita selalu bersihkan dan kita imbau,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa aksi bersih-bersih kali sipon ini akan bisa di patenkan untuk mengajak masyarakat peduli dengan lingkungan. Hal itu, sangat penting bagi masyarakat sebab dampaknya bisa ke lingkungan dan keberlangsungan hidup.

“Kalau bersih kan enak di lihat, minimal bersih dulu kalau bening nanti bisa kita pikirkan bagaimana caranya. Tidak hanya sampah, masyarakat juga sering membuang limbah tangga yang mengakibatkan kali sipon menjadi bau,” ujarnya.

Rizal berharap, dengan gebrakan bersih-bersih kali sipon bisa mempunyai dampak yang luar biasa, nantinya masyarakat yang lain juga bisa ikuti untuk membersihkan lingkungannya dari sampah yang membahayakan.

“Semoga ini menjadi semangat masyarakat untuk bisa bergerak membersihkan lingkungannya, kita akan support dan bantu untuk melakukan gerakan bersih-bersih lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang asri dan sehat,” pungkasnya.