Beranda Budaya Tingkatkan Kualitas dan Variasi Atraksi di Setiap Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Prov....

Tingkatkan Kualitas dan Variasi Atraksi di Setiap Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Prov. Banten Gandeng Pelaku Seni Budaya

401
BAGIKAN
Tingkatkan Kualitas dan Variasi Atraksi di Setiap Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Prov. Banten Gandeng Pelaku Seni Budaya
Kabid SDM dan Ekraf, Dinas Pariwisata Prov. Banten, Hj. Linda Rohayati, kanan, hadir dalam pemaparan kegiatan Peningkatan Kemampuan dan Pengetahuan Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya, pada 29-31 Maret 2017 di Banten dan Bandung. Rabu (29/3/2017)

CILEGON, Pelitabanten.com – Upaya peningkatan kualitas unsur-unsur kepariwisataan termasuk di dalamnya Sumber Daya Manusia sebagai pelaku atraksi seni budaya, secara konsisten terus dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten melalui Bidang Pengembangan SDM dan Ekonomi Kreatif.

Dalam kegiatan Peningkatan Kemampuan dan Pengetahuan Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya, pada 29-31 Maret 2017 di Banten dan Bandung, bersama jajarannya, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Hj. Linda Rohayati melibatkan 50 peserta pelaku seni budaya yang berasal dari 8 Kab/ Kota se-Prov Banten, terdiri dari para pelatih dan kreator di sanggar-sanggar seni.

“Melalui kegiatan ini, peningkatan kemampuan SDM harus terus dilaksanakan karena akan berpengaruh terhadap kualitas dan variasi atraksi wisata pada setiap destinasi wisata di Provinsi Banten,” ungkapnya di Bandung. Minggu (31/3/2107)

Materi Peningkatan Kemampuan dan Pengetahuan Ekinomi Kreatif Berbasis Seni Budaya seputar kebutuhan pengetahuan dan skill untuk meningkatkan kualitas atraksi wisata berbasis seni budaya. “Peserta akan mendapat materi teori dan banchmarking untuk melihat atraksi seni dan sanggar serta tempat pertunjukkan ideal di Bandung, Jawa Barat,” katanya.

Baca juga :  Rano Karno: Banten Expo Angkat IKM Produk Unggulan Asal Banten

Dalam kegiatan tersebut, para narasumber terdiri  pejabat pariwisata, tokoh seni Banten dan Jawa Barat, Dewan Kesenian Banten dan kepala Taman Budaya Bandung.

Peserta mendapat pengetahuan secara teoritis tentang pementasan yang baik dan pengalaman melihat langsung sanggar yang ideal dan pertunjukkan seni di panggung yang ideal. Di Padepokan Kalang Kamuning, Cihideung, Bandung Barat, peserta mendapat kesempatan berdialog dengan Abah Nanu Munajat, salah satu sesepuh sanggar. “Alam menjadi sumber inspirasi dalam berkreatifitas untuk memperkuat daya tarik pariwisata,” ungkapnya di hadapan peserta yang terkagum-kagum oleh suguhan penampilan para penari Padepokan Kalang Kamuning.

Baca juga :  DKB Gelar Lomba Iklan Layanan Masyarakat 2017

Dalam pertemuan selanjutnya di Taman Budaya Bandung, Kepala Balai Pengelolaan Taman Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Drs. Rd. Moch. Darajatun, Msi mengatakan, “Fungsi taman budaya sebagai pusat informasi, etalase dan revitalisasi seni budaya. Di Jawa Barat terdapat 150 jenis kesenian yang harus diakomodir. Dan tahun ini saja 35 kegiatan seni budaya yang dilaksanakan, salah satunya adalah yang saat ini sedang berlangsung yaitu Festival Bentang Jaipong Jabar-DKI 2016-2017,” terangnya.

Kegiatan ini secara teknis diselenggarakan Bidang SDM dan Ekraf, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten. Di sesi terakhir kegiatan, Hj. Linda Rohayati berharap kepada peserta kegiatan untuk terus meningkatkan kerja kreatif terkait aktraksi seni budaya yang pada akhirnya akan meningkatkan destinasi wisata di Banten. “Kami berharap kegiatan ini tidak hanya berakhir sampai disini saja. Setelah ini kami akan berkunjung ke sanggar Bapak/ Ibu untuk melihat seberapa jauh peningkatan kreatifitas dan seberapa besar pengaruh dari apa yang sudah didapat dari kegiatan ini,” pungkasnya.