Beranda Peristiwa Banten Mentan Amran dan Bupati Pandeglang Panen Jagung 120 Hektar

Mentan Amran dan Bupati Pandeglang Panen Jagung 120 Hektar

371
BAGIKAN
Mentan Amran dan Bupati Pandeglang Panen Jagung 120 Hektar
Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita melakukan panen jagung di Desa Kadujangkung, Kecamatan Mekarjaya, Kabupaten Pandeglang. Rabu (29/3/2017)

PANDEGLANG, Pelitabanten.com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Desa Kadujangkung, Kecamatan Mekarjaya, Kabupaten Pandeglang. Amran menyatakan Kabupaten Pandeglang  potensial menjadi pemasok jagung untuk kebutuhan nasional yang saat ini masih kekurangan.

“Selama ini kebutuhan jagung dalam negeri masih diimpor dari Argentina, meskipun jumlah terus berkurang,” kata Amran Sulaiman pada acara gerakan tanam dan panen jagung integrasi di lahan kebun kare di Kecamatan Mekarjaya, Pandeglang, Rabu (29/3/2017).

Amran menjelaskan, berkat kerja sama semua pihak, terutama para petani jumlah impor jagung Indonesia dari Argentina berkurang hingga tiga juta ton, dan ke depan diharapkan bisa terus ditekan.

“Untuk menekan angka ketergantungan pasokan jagung dari luar negeri, kita perlu memaksimalkan pengembangan jagung, terutama pada daerah-daerah yang potensial, seperti Kabupaten Pandeglang,” katanya.

Melihat kondisi alam yang sangat luar biasa dengan lahan yang luas, Kabupaten Pandeglang bisa merencanakan dan berbuat hal luar biasa, seperti menjadi sentra penghasil jagung nasioanl.

Baca juga :  Tabung Gas Meledak, Membakar Isi rumah dan Penghuninya

“Tujuan kami ke sini bukan hanya sebagai seremonial belaka, kami dari pemerintah pusat ingin menggerakkan Banten, khususnya Pandeglang ini untuk menopang Jakarta, kami datang ingin menyuarakan akan memaksimalkan pengelolaan lahan,” ujarnya.

Menteri mengajak masyarakat di Kabupaten Pandeglang untuk “membangunkan” lahan tidur, dan meminta agar para petani di daerah ini tidak “tidur”.

“Kalau lahan yang ada di Pandeglang ini menjadi lahan yang tidak tidur, saya yakin Pandeglang akan menjadi lumbung jagung Banten, bahkan menjadi pemasok padi, jagung dan kedelai secara nasional,” ujarnya.

Jika Pandeglang sudah menjadi pemasok tiga komoditi pertanian secara nasional, maka dipastikan masyaraka akan sejahtera.

Amran menyatakan, di Pandeglang ini bila semua lahan dioptimalkan dengan baik suatu saat akan mengalahkan Argentina sebagai pemasok jagung di dunia, ujarnya.

Seluas 120 hektare lahan jagung di Kabupaten Pandeglang panen dengan produktivitas 6 ton per hektare.

Baca juga :  Akhirnya Adrian Dibawa Ke RSCM Jakarta

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, luasan lahan panen di wilayahnya terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Pada 2015, panen hanya dilakukan di lahan seluas 3.800 hektare dan naik 2 persen menjadi 3.900 hektare pada 2016.

“Sedangkan target 2017 ini seluas 9 ribu hektare dengan membangun lahan tidur,” katanya.

loading...
BAGIKAN