Beranda Pendidikan Rayakan Milad Ke-20, Ponpes Manahijussadat Gelar Lomba Futsal Antar Alumni

Rayakan Milad Ke-20, Ponpes Manahijussadat Gelar Lomba Futsal Antar Alumni

568
BAGIKAN
Rayakan Milad Ke-20, Ponpes Manahijussadat Gelar Lomba Futsal Antar Alumni
pimpinan pondok Drs KH sulaiman Effendi, Mpd.i saat memberi sambutan pada acara pembukaan lomba futsal antar alumni di lapangan futsal ponpes Manahijussadat, Cibadak Lebak, Minggu (26/3/2017)

LEBAK, Pelitabanten.com – Menyambut Milad ke-20, Ponpes Manahijussadat menggelar serangkaian acara. Salah satu yang paling menarik adalah Lomba Futsal Antar Alumni Manahijussadat dari berbagai angkatan. Diselenggarakan di lapangan futsal Ponpes Manahijussadat yang berlokasi di Kampung Serdang Kecamatan Cibadak, Lebak, Banten.

Dalam sambutannya, Pimpinan Ponpes Manahijussadat, Drs KH Sulaiman Effendi, M.Pd.I mengemukakan, acara milad ke-20 selain mempererat tali silaturahmi antar alumni, harus meriah, pun berkontribusi memberikan manfaat baik untuk kalangan pondok maupun masyarakat. “Acara lomba futsal antar alumni merupakan salah satu rangkaian milad yang bertujuan untuk mempererat silaturahim antara keluarga besar pondok dengan para alumni ponpes Manahijussadat,” kata KH Sulaiman di hadapan para peserta. Minggu (26/3/2017).

KH Sulaiman mengaku bangga dengan kehadiran para alumni mengikuti kegiatan tersebut. Partisipasi alumni, kata beliau, dinilai memiliki dedikasi dan bukti cinta terhadap pondok. “Saya bangga dan terharu menyaksikan kehadiran para alumni di acara milad ke 20 ini. Dulu, tidak sedikit para alumni saat masih nyantri tidak menikmati fasilitas olahraga sebagus seperti sekarang. Bahkan untuk  membuat lapangan voli, sepakbola dan badminton saja kita harus mencangkul berbulan-bulan,” kenangnya.

Namun, lanjut beliau, melalui upaya dan semangat yang pernah ditanamkan itu kini pondok menuai banyak prestasi. “Meski pondok kita berada di kampung, tapi prestasi kita tidak kampungan. Alhamdulillah prestasi santri di bidang sepak takraw, teater, dan marching band meraih juara tingkat nasional. ” katanya bangga seraya disambut tepuk tangan peserta.

KH Sulaiman juga mengungkapkan, kemajuan pondok Manahijussadat tidak terlepas dari peran dan kiprah alumni di masyarakat. Kualitas pondok pesantren bukan semata-mata dinilai dari megahnya sarana dan prasarana akan tetapi kemajuan pondok pesantren itu dapat diukur dari kiprah dan peran alumninya. “Laisa al ma’hadu bi binaihi walakinal ma’hada bi abnaihi, (Kemajuan pondok itu bukan karena bangunannya tapi karena peran alumninya, red),” ujarnya.

Lomba futsal antar alumni yang dimulai sejak pukul 8.00 wib itu dihadiri sekitar 15 tim dari berbagai angkatan. Kegiatan tersebut  menjadi tontonan sekaligus ajang ta’aruf antara alumni dan para santri.

Ketua milad Ustaz Yudi Nurhadi mengatakan lomba futsal bukan sekadar lomba olahraga, tetapi diharapkan mampu menjadi wadah pertemuan antar alumni untuk berbagi pengalaman hidup. “Selain menjunjung sportivitas, lomba futsal ini juga memberi berkah bagi para alumni dan keluarga besar pondok untuk saling berbagi informasi dan pengalaman,” katanya.

Sementara itu Dedi Setiadi alumni angkatan 2009 mengaku senang dirinya bisa mengikuti lomba futsal antar alumni. Menurut dia acara milad ke 20 sangat meriah di mana para alumni bisa diikutsertakan dalam kegiatan tersebut. “Momen (lomba futsal, red)  ini menjadi ajang silaturahmi bagi para alumni. Kami bisa berkumpul bersama dan  mengingat kenangan saat kami menjadi santri. Mengejar bola, terjatuh, lalu bangkit tak kenal lelah. Kenangan di pondok itu indah,” pungkasnya.