Beranda Bisnis Dukung UMKM, Pasar Modern BSD City Gelar Pasar Rakyat School

Dukung UMKM, Pasar Modern BSD City Gelar Pasar Rakyat School

Dukung UMKM, Pasar Modern BSD City Gelar Pasar Rakyat School
Sinar Mas Land mengadakan “Pasar Rakyat School” di Pasar Modern BSD City, Tangerang. (23/03/2017)

TANGERANG, Pelitabanten.com – Pengembang property terkemuka di Asia Tenggara, Sinar Mas Land kembali mengadakan “Pasar Rakyat School” di Pasar Modern City (23/03/2017). Kegiatan tersebut sebagai bentuk untuk mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM).

Adapun tema atau topik yang disajikan kepada para pedagang Pasar Modern City, berbeda setiap sesinya. Kali ini, pengetahuan kepada para pedagang pasar menyajikan topik cara usaha mikro dan kecil mengakses fasilitas perbankan yang diajarkan oleh Bank Rakyat Indonesia. Tema tersebut dipilih agar pelaku usaha mikro dan kecil mengetahui cara mengakses fasilitas-fasilitas perbankan, seperti pinjaman, asuransi dan lain sebagainya.

Sinar Mas Land sebagai pengelola Pasar Modern City, memberikan pengetahuan kepada para pedagang sekali setiap bulannya dengan berbagai topik diantaranya seputar pengembangan usaha kecil dan pengenalan bahan berbahaya yang terdapat di bahan pangan. Beberapa waktu lalu, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan Serang – atau memberikan edukasi dengan materi  materi “Pengenalan zat-zat berbahaya di dalam makanan” ke para pedagang di Pasar Modern City. Diharapkan, setelah mendapatkan pengetahuan tersebut, para pedagang lebih memperhatikan bahan makanan dan minuman yang dijualnya.

Baca Juga:  Kaburnya Cai ChangPan, Dua Pegawai Lapas Kelas I Tangerang Jadi Tersangka

Sinar Mas Land membangun pasar modern di City pada tahun 2004  diatas seluas 3,2 ha. Hal ini dilakukan demi mengangkat status yang citranya kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di City, sehingga dapat mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM).

Pasar Modern City tahap pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Pasar Modern City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa. Selain itu Kementerian Perdagangan atau akan bekerja sama dengan pengembang Sinar Mas Land sebagai pengelola pasar modern di Bumi Serpong Damai (BSD), Serpong, Selatan. Kerja sama itu meliputi bantuan design engineering detail (DED) untuk beberapa tipe pasar tradisional. Pemerintah menjadikan pasar modern City sebagai “ benchmark” untuk pengelolaan namun memiliki standar modern.