Beranda Peristiwa Banten Memasuki Musim Pancaroba, Warga Lebak Diminta Waspadai Cuaca Buruk

Memasuki Musim Pancaroba, Warga Lebak Diminta Waspadai Cuaca Buruk

231
BAGIKAN
Memasuki Musim Pancaroba, Warga Lebak Diminta Waspadai Cuaca Buruk
Foto: Ilustrasi

LEBAK, Pelitabanten.com – Memasuki masa pancaroba, peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Berdasarkan laporan BMKG Serang diperkirakan cuaca buruk berpeluang melanda Kabupaten Lebak satu pekan ke depan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, meminta warganya mewaspadai hujan deras disertai angin kencang menyusul datangnya masa. “Kami berharap kewaspadaan cuaca buruk itu agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerugian materil,” kata Kaprawi, Kepala BPBD Kabupaten Lebak. Selasa (21/3/2017)

Selain hujan deras disertai angin kencang juga sambaran petir. Peluang cuaca buruk itu bisa dilihat jika siang hari suhu cuaca panas terik matahari maka dipastikan sore dilanda hujan deras disertai angin kencang dan sambaran petir. Peringatan kewaspadaan hujan deras disertai angin kencang karena dua hari terakhir ini di wilayah Kota Rangkasbitung dilanda cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem itu berpeluang berlangsung tidak cukup lama antara pukul 17.00 WIB sampai 17.50 WIB.

Baca juga :  Masyarakat Adat Baduy Minta Kepercayaan Sunda Wiwitan Tertera di KTP

Kecepatan angin diperkirakan di atas 32 knot atau 60 kilometer per jam dan bergerak dari arah selatan. Tentunya dapat menimbulkan bencana alam, sehingga warga yang tinggal di daerah dataran tinggi diharapkan waspada, sebab peluang cuaca buruk itu akan terjadi sore hingga malam hari. “Kami menjamin hujan deras disertai angin kencang itu tidak menimbulkan banjir,” jelasnya.

Wilayah Kabupaten Lebak dipetakan sebagai daerah langganan bencana alam seperti banjir, longsor dan angin kencang. Kaprawi meminta warga agar meningkatkan kewaspadaan jika cuaca buruk berlangsung dengan tidak berlindung di pohon besar dan tanah lapang, karena khawatir menjadi korban bencana alam. “Kami minta peringatan kewaspadaan itu dapat mengurangi resiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerugian material cukup besar,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Camat Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Ade Sutiana mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan cuaca buruk tersebut sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Saat ini, cuaca di Kota Rangkasbitung setiap sore dilanda hujan deras disertai angin kencang. “Kami sudah menyebarkan surat imbauan kepada aparat kelurahan dan desa,” katanya.

loading...
BAGIKAN