Gelar Diskusi Kepemiluan, KPU Kabupaten Tangerang Kunjungi Kantor PWI

KPU Kabupaten Tangerang Kunjungi Kantor PWI. (Dok Ist)

KABUPATEN . Pelitabanten.com – Kerjasama yang erat antara insan pers penyelenggara pemilu diyakini turut berkontribusi meningkatkan di .

Hal itu mengemuka dalam saat berlangsung pertemuan antara   Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, Jumat (30/4/2021).

Rombongan yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Tangerang M. Ali Zaenal Abidin berdiskusi seputar kepemiluan dengan awak media.

Dalam kunjungan tersebut, Ali menjelaskan bahwa meski tidak sedang berlangsung perhelatan pemilu atau pilkada, namun lembaga penyelenggara pemilu tersebut tetap terus bekerja. Peran insan pers disebutnya sangat penting untuk menyampaikan berbagai kegiatan dan program yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh lembaganya.

“Sinergi antara kami dengan insan pers sangat penting agar masyarakat selalu mengetahui berbagai perkembangan terkait kepemiluan. Sehingga kami harus selalu membangun komunikasi dengan baik, salah satunya dengan teman-teman dari PWI Kabupaten Tangerang,” ungkapnya.

Baca Juga:  Gaido Foundation Gelar Diskusi Bersama PWI dan SMSi Banten

Dirinya pun memaparkan berbagai kegiatan yang sedang dilakukan, salah satunya yang tidak pernah terhenti meski belum ada perhelatan pemilu atau pilkada, yaitu pemutakhiran data pemilih.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin menyerahkan buku tentang jurnalistik kepada Ketua KPU Kabupaten Tangerang M. Ali Zaenal Abidin. (Dok Ist)

Berbeda dengan tugas kelembagaan pemilu sebelumnya, pemutakhiran data pemilih terus dilakukan untuk memastikan data yang tersedia benar-benar aktual. Hal ini karena data pemilih terus berubah atau dinamis.

“Sebelumnya setiap bulan kami melakukan untuk pemutakhiran data pemilih ini dengan para pihak terkait, di antaranya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perkim, dan para pihaknya lainnya. Namun berdasarkan kebijakan yang baru dari KPU Pusat, rapat koordinasi tersebut kini hanya diselenggarakan setiap tiga bulan sekali,” jelasnya.

Ali yang didampingi tiga komisioner lainnya, juga Sekretaris KPU Kabupaten Tangerang Kuswanto dan staf juga menginformasikan adanya tugas baru di lembaganya, yaitu membentuk badan koordinasi (bakor) kehumasan.

Baca Juga:  Sambut HPN 2021, Kapolresta Tangerang Bersama Jurnalis Bagikan 2.000 Masker dan Sembako

“Salah satu tugas bakor kehumasan ini melakukan kerjasama kehumasan dan memberikan informasi secara luas kepada masyarakat. Peran pers sangat penting untuk membantu tugas bakor kehumasan ini,” terangnya.

Terkait pemutakhiran data pemilih, Kabupaten Tangerang Divisi Data dan Informasi Ita Nurhayati menjelaskan, masyarakat di Kabupaten Tangerang bisa melakukan pendaftaran jika belum terdaftar,  pelaporan perubahan atau perbaikan data melalui kanal https://pdpb.kpu-tangerangkab.go.id.

“Selain itu juga kami membuka layanan melalui WhatsApp di nomor 0811-9906-667,” katanya.

Nomor layanan untuk  pendaftaran pemilih, perubahan identitas kependudukan, pemilih yang dunia, pindah domisili, aktif atau pensiun dari TNI/Polri itu diberi nama Aplikasi Layanan WhatsApp Responsif Tangerang ().

“Melalui aplikasi ini, masyarakat sebagai pemilih dapat lebih mudah melakukan pendaftaran juga perubahan data. Dan bagi pengguna aplikasi yang sudah terdata, akan mendapatkan laporan secara langsung,” katanya.

Baca Juga:  KPUD Kabupaten Tangerang Tetapkan DPT Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2018

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin menyambut baik kunjungan dari para penyelenggara pemilu di Kabupaten Tangerang tersebut.

“Pertemuan ini sangat baik sekali dalam rangka membangun kemitraan antara insan pers dengan KPU Kabupaten Tangerang. Keterbukaan informasi sangat penting untuk membentuk masyarakat yang cerdas dan dalam hal ini masyarakat yang sadar pemilu,” kata Sangki.

Sangki juga menekankan, fungsi pers sebagai penyampai informasi sangat tepat jika bersinergi dengan KPU Kabupaten Tangerang, karena meski pemilu dan Pilkada Kabupaten Tangerang diselenggarakan sekitar tahun 2024, namun berbagai tahapan pasti dihelat lebih awal.

“Tentunya terdapat tantangan yang tidak ringan dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada tersebut. Kami dari insan pers pasti akan membantu melalui pendidikan dan penyebarluasan informasi tentang kepemiluan, sekaligus mengawal proses demokratisasi di Kabupaten Tangerang ini,” pungkasnya