Beberapa Tips untuk Mengatasi Koneksi Internet yang Lambat

Koneksi Internet yang Lambat
(ISTIMEWA)

Pelitabanten.com – Dewasa ini, koneksi internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Bagaimana tidak, hampir seluruh kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari tidak lepas dari peran internet; baik bekerja, , membuat konten, main game menonton film. Apalagi, di tengah kondisi yang mengharuskan banyak orang melakukan Work From Home () dan School From Home (SFH), koneksi internet menjadi salah satu tumpuan mereka demi kelancaran pekerjaan atau proses belajar mengajar yang dilakukan. Tetapi, sama halnya dengan cuaca, kamu tidak bisa memprediksi kapan koneksi internet mengalami gangguan, menjadi lambat, terputus dan lain-lain. Untuk bisa mengantisipasinya, ada baiknya kamu mengenal lebih dulu penyebab koneksi internet lambat pada gawai yang kamu miliki.

Penyebab Koneksi Internet Lambat

Cuaca Buruk

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa cuaca buruk sangat mempengaruhi koneksi internet, terutama pada . Saat hujan deras, sering kali kita merasakan koneksi internet menjadi tidak lancar ataupun melambat. Bahkan, di beberapa kondisi, koneksi internet mengalami gangguan sehingga tidak memiliki jaringan sama sekali. Hal ini diperkirakan bahwa sinyal-sinyal internet terhalang oleh titik hujan.

Baca Juga:  PSBB di Jakarta Berpengaruh Bagi Warga Tangerang, Arief Sebut WFH

Berada Di Tempat yang Sangat Tertutup

Ketika kamu berada di tempat parkir atau di dalam lift, kamu pasti sering merasakan tiba-tiba koneksi internet pada gawaimu menghilang, kan? Katanya, jika kamu berada di tempat yang tebal dan tertutup, reseptor sinyal gawaimu akan sulit menangkap koneksi internet, sehingga biasanya gawaimu memunculkan pesan “no service”. Kondisi ini juga bisa saja terjadi saat kamu melewati terowongan yang sangat panjang.

Jaringan Terlalu Sibuk

Kondisi ini biasanya sering kamu alami ketika merayakan hari besar, seperti perayaan Idul Fitri maupun atau ketika waktu sedang menunjukkan waktu Prime time. Pada saat-saat tersebut, banyak orang yang menggunakan koneksi internet di saat bersamaan sehingga jaringan internet menjadi terbagi dan memperlambat koneksi internet pada gawaimu.

yang Mengganggu

Mungkin juga, dalam gawaimu terdapat beberapa aplikasi aktif yang mengganggu koneksi internetmu. Apabila kamu menyalakan beberapa sosial dan aplikasi sekaligus, hal tersebut tentu dapat memperlambat koneksi internet. Solusinya, kamu bisa mematikan koneksi seluler aplikasi-aplikasi yang memang tidak terlalu berguna melalui menu pengaturan.

Baca Juga:  Telkom Raih Laba bersih Rp 14,73 triliun

Kartu SIM Bermasalah

Masalah ini memang teknis, namun mungkin saja koneksi internetmu jadi lambat atau bermasalah karena kartu SIM yang ada di gawaimu bermasalah. Jika kamu mengalami ini, kamu bisa menghubungi provider terkait untuk memperbaikinya.  

  Internet Habis

Ketika jaringan internetmu melambat, bisa saja kamu sudah menggunakan jaringan internet bonus dari paket internet yang kamu gunakan. Biasanya, bonus yang hadir bersama paket internet ini memiliki batasan kecepatan internet dan memiliki batasan waktu untuk digunakan.

Jaringan Dalam Perbaikan

Masalah yang satu ini sangat menyebalkan apabila kita sedang berada di tengah meeting, sedang mengejar tenggat, atau di tengah kelas online. Namun, kita kadang tidak bisa memprediksi kapan jaringan internet provider yang kita miliki sedang dalam perbaikan atau maintenance. Tidak dapat dipastikan juga kapan koneksi internet kembali normal. Jika sudah seperti ini, kamu sebaiknya menggunakan jaringan WiFi.

Mengatasi Koneksi Internet yang Buruk

Jika kamu mengalami koneksi internet yang buruk pada gawaimu, langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat koneksi internet adalah memastikan koneksi internet yang kamu gunakan; apakah sedang mengalami gangguan atau tidak. Kamu bisa langsung mengeceknya dan menyambungkan koneksi internet melalui pengaturan pada gawai. Apabila masalah internet belum teratasi, kamu bisa segera menghubungi administrator jaringan ponsel, atau operator seluler yang digunakan.

Baca Juga:  Telkom Raih Laba bersih Rp 14,73 triliun

Selain itu, ada beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah jaringan internet yang melambat. Pertama-tama, kamu bisa me-restart gawaimu. Biarkan mati selama beberapa saat, lalu nyalakan kembali. Selain itu, kamu juga bisa memeriksa pembaruan gawaimu secara berkala. Memperbarui software ponsel atau gawaimu bisa jadi memperlancar koneksi internet, karena terkadang masalah koneksi internet bisa saja terjadi karena sistem sudah tidak kompatibel lagi.

Terakhir, penyimpanan memori yang terlampau penuh juga bisa memperlambat koneksi internet karena terkait dengan performa gawai. Kamu bisa menghapus file atau berkas yang sudah tidak diperlukan agar gawaimu bisa berjalan seperti biasa.

Itu tadi beberapa tips untuk menjaga koneksi internet gawaimu tetap stabil saat digunakan.